IPB University : foto udara dengan drone

Unmaned Aerial Vehicle (UAV) atau dikenal dengan drone saat ini sangat banya digunakan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah untuk fotografi dan videografi dari udara. Salah satu hal yang menarik adalah kita bisa melihat sebuah footage dari atas (udara). Fotografi bagi saya adalah sebuah hobi dan juga cara kita untuk menangkap sebuah fenomena, menentukan frame dan menyajikan sebuah cerita melalui gambar.

Gambar berikut adalah contoh tampilan gedung rektorat IPB University dari udara yang saya ambil dengan DJI Phantom 4+. Gedung IPB dengan bentuk limas ini memang sangat unik dan merupakan ikon tersendiri di Bogor dan Indonesia. Memang, setiap kampus selalu ada ciri khas tersendiri dalam menentukan desain nya.

Selain sekedar untuk foto udara, drone juga dapat digunakan untuk memetakan lahan pertanian, penyemprotan dan berbagai kebutuhan lainnya. Seiring perkembangan pemanfaatan drone ini, maka kementerian perhubungan mengeluarkan regulasi mengenai penerbangan dengan menggunakan drone.

Seperti tertuang dalam PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 37 TAHUN 2020
TENTANG PENGOPERASIAN PESAWAT UDARA TANPA AWAK DI RUANG UDARA YANG DILAYANI INDONESIA. Peraturan ini dapat di akses disini. .

Intinya, peraturan tersebut mengatur penggunaan ruang udara untuk UAV. Hal ini berkaitan dengan pemanfaatan ruang udara bersama oleh berbagai kepentingan seperti penerbangan sipil, penerbangan militer, balon udara dan berbagai wahana terbang di udara yang ada saat ini. Terdapat larangan untuk terbang di daerah sekitar bandara, pangakalan militer dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu, terbang UAV diatur dibawah 120 m dari ground.

Intinya mari terbang dengan UAV secara bermartabat.