Diskusi mengenai Mini PC

Masih merupakan lanjutkan diskusi yang berkenaan dengan topik IoT, smart industry, smart farming dan pokoknya yang berhubungan dengan penerapan ICT dalam berbagai bidang. Saat ini, terdapat banyak sekali perangkat yang tersedia di pasaran baik itu berharga murah maupun mahal. Nah kali ini, saya akan fokus pada mini PC. Kalau dulu kita kenal hanya laptop (portable) dan Personal Computer (PC). Kemudian hadirlah mobile phone dengan fitur yang terus berkembang, tablet dan berbagai perangkat lainnya. Pada skala industri terkadang tidaklah cukup menggunakan PC sebagai perangkat. Kadang, untuk kebutuhan spesifik kita membutuhkan komputer dengan ukuran yang lebih kecil. Hadirlah istilah mini PC dipasaran yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Salah satu yang booming akhir-akhir ini dengan harga yang sangat murah adalah Raspberry pii. Selain itu, untuk industri juga hadir IntelNuc. Coba kita lihat keduanya:

Raspberry pii

Informasi mengenai bagaimana raspberry ini digunakan di berbagai keperluan sudah sangat mudah ditemukan. Ketikkan saja di google raspberry atau kata-kata kunci lain yang terkait, munculllah informasi yang anda akan temukan. Kalau kita intip melalui https://www.raspberrypi.org/, menjelaskan bahwa perangkat ini adalah perangkat open-hardware dengan ukuran kecil dan bisa baik untuk digunakan untu mempelajari programmer. Operating system yang umumnya digunakan adalah Linux yang sudah didesain khusus.  Websitenya juga menyediakan informasi yang cukup lengkap, bagaimana perangkat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

raspberry

 

Intel Nuc

The Intel® NUC adalah salah satu perangkat komputer yang memiliki fitur sama dengan pc biasa. Namun, karena tubuhnya kecil sangat baik dipakai untuk keperluan industri. Perangkat ini diclaim dapat digunakan untuk keperluan industri.

 

nuc7i5dnke-nuc7i3dnke-frontangle.png.rendition.intel.web.978.550

Aplikasi untuk Industri dan pertanian