Mendeley Perangkat Lunak Sitasi Gratis

Mungkin diantara kita ada yang pernah menulis laporan baik itu untuk tugas akhir (skripsi) ataupun untuk karya ilmiah di publikasi ilmiah kesulitan saat mengecek daftar pustaka. Belum lagi, saat formatnya dirubah maka kita perlu mengecek satu persatu baik di dalam naskah maupun di daftar pustakanya. Nah, untuk saat ini kita tidak perlu lagi repot-repot. Mendeley adalah salah satu solusinya. Perangkat lunak ini adalah perangkat lunak yang dikeluarkan oleh Mendeley (http://mendeley.com/) yang masih satu grup dengan Elsevier (https://www.elsevier.com/) yang merupakan lembaga publisher swasta yang cukup besar.

Memanfaatkan perangkat lunak mendeley ini tidaklah sulit:

  1. Pertama-tama buatlah akun anda di mendeley.com,
  2. Install aplikasi versi desktopnya
  3. Install plugin di microsoft word
  4. Gunakan mendeley untuk kepentingan menulis

Hanya empat langkah itu yang perlu kita lakukan untuk dapat mempergunakan mendeley. Saya sarankan bagi mahasiswa yang menulis skripsi mulai menggunakan perangkat ini. Untuk yang belum skripsi bisa menggunakannya untuk menulis laporan. Laporan praktikum atau makalah kita akan tampak lebih bagus dan profesional. Bagi peneliti dan dosen tentu menggunakan perangkat lunak seperti ini bukanlah hal asing. Namun, tidak jarang diantara mereka (peneliti dan dosen) yang belum mengenal perangkat lunak ini. Maka mulai saat ini gunakanlah perangkat-perangkat lunak yang gratis ini. Insya Allah karena ini gratis dan tidak perlu melakukan crack maka penelitian anda menjadi lebih berkah.

Secara detail bagaimana cara menggunakannya silahkan langsung saja ke website resminya : https://www.mendeley.com/guides/desktop/01-desktop-interface

Selamat menggunakan.

Salam,
Supriyanto
Dosen Program Studi S1 Teknik Pertanian dan Biosistem
Departemen Teknik Mesin dan Biosistem
Fakultas Teknologi Pertanian,
Institut Pertanian Bogor