Program Studi Teknik Mesin dan Biosistem (TPB)

Pengenalan 

Kalau mendengar TPB di IPB maka akan terngiang Tingkat Persiapan bersama. Tapi kali ini, TPB adalah brand dari salah satu program studi yang ada di IPB, Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB). Program studi ini adalah program studi S1 yang berada di bawah departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Bagi anda yang saat ini duduk di kelas 3 SMA jurusan IPA, program studi ini sangat cocok. Sejak 2015 program studi ini terakreditasi internasional di Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Program studi ini memiliki visi menjadi program studi yang mampu menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk mengasilkan lulusan yang berdaya saing global di bidang Teknik Pertanian dan Biosistem.

Mandat

Mandat program studi adalah mengembangkan ilmu keteknikan dan penerapannya untuk model, mesin dan proses yang berkaitan dengan sistem biologik yang berkelanjutan dalam bidang pertanian dan pangan. 

SDM Dosen dan Tenaga Kependidikan 

Tidak main-main dengan sumberdaya manusia, program studi ini memiliki 36 dosen dengan proporsi 30 orang bergelar doktor dan 7 diantaranya adalah profesor. Dua dosen bergelar masternya saat ini sedang melanjutkan jenjang pendidikan doktor. Dosen lulusan dalam dan luar negeri seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Belanda, Jerman, Tahilan dan Taiwan. Selain itu, program studi juga didukung oleh 30 tenaga kependidikan (laboran, teknisi, administrasi dan tata usaha) yang profesional dan akan melayani anda.

Divisi 

Untuk mendukung kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat departemen TPB didukung oleh empat divisi yaitu: teknik mesin dan otomasi, teknik biosistem, teknik energi terbarukan dan teknik bioinformatika.

lab

Fasilitas 

Untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terdapat fasilitas pendukung berupa laboratorium, ruang sidang, ruang kuliah dan auditorium. Beberapa lab utama di departemen ini terdapat 14 laboratorium keilmuan adalah:  (1) Lab. Motor Bakar dan Penggerak Mula; (2) Lab. Manufaktur; (3) Lab. Mekatronika dan Robotika; (4) Lab. Pindah Panas dan Massa; (5) Lab. Design dan CAD; (6) Lab. Instrumentasi dan Kontrol; (7) Lab. Kekuatan Bahan; (8) Lab. Mekanika Fluida; (9) Lab. Fisika dan Mekanika Tanah; (19) Lab. Energi Terbarukan; (11) Lab. Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian; (12) Lab. Teknik Pengendalian Lingkungan Produksi; (12) Lab. Sistem Informatika dan Komputasi; (13) Lab. Ergonomika; (14) Lab. Multimedia dan Video Interaktif.

Terdapat pula “experimental field station” yang merupakan laboratorium lapangan untuk bidang mekanisasi pertanian, Teknik pengolahan hasil pertanian serta energi terbarukan.

Capture

 

Lulusan dan Peluang Karir 

Lulusan PS TPB dirancang untuk memiliki sikap dan etos yang baik, mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan permasalahan Teknik yang meliputi ; desain, konstruksi, aplikasi dan manajemen alat/mesin pertanian, struktur/bangunan pertanian, pengolahan produk pertanian dan pangan, energi terbarukan. sistem dan manajemen mekanisasi pertanian.

Peluang Karir
Alumni PS TPB bekerja di berbagai bidang dengan jabatan diantaranya sebagai berikut :

  1. Manager atau supervisor produksi di perusahaan alat/mesin pertanian, pabrik pengolahan hasil pertanian dan pangan.
  2. Desainer alat/mesin pertanian, system produksi/pengolahan hasil pertanian dan bangunan pertanian.
  3. Manager pada perusahaan perkebunan dan pembukaan dan penyiapan lahan untuk pertanian dan transmigrasi.
  4. System analyst atau programmer di perusahaan IT.
  5. Tenaga perencana jaringan irigasi dan drainase.
  6. Wirausahawan dalam bidang industri pengolahan hasil pertanian dan pangan, usaha tani dan lainnya.
  7. Project evaluator di bank dan biro konsultasi.
  8. Staf eksekutif di Departemen dan Badan pemerintah
  9. Peneliti di berbagai lembaga penelitian serta tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi atau pusat Pendidikan dan pelatihan.

oke

Tunggu apalagi, ayoo jadikan program studi ini sebagai program studi impian kalian. Check list sebagai pilihan pertama. Jadilah enginer-enginer muda yang punya masa depan cerah. Silahkan kontak apabila anda menemui kesulitan. Jangan lupa buka websitenya ya:

http://tmb.ipb.ac.id/program-studi/s1-teknik-pertanian-dan-biosistem/

Salam,
Supriyanto, M.Kom
Dosen Divisi Teknik Bioinformatika
Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB)
Institut Pertanian Bogor
email: debasupriyanto@apps.ipb.ac.id