Camellia Japanese: Tsubaki 椿

Setelah semua daun berguguran dan rumputpun banyak yang kering maka sangat sulit menemukan bunga di daerah Tsukuba. Bunga Camellia atau yang dalam bahasa jepang dikenal dengan istilah 椿 (tsubaki atau Camellia japonica) yang ada disekitaran tempat tinggal.

DEB_2690

Bunga ini berwarna merah dengan adanya putih berwarna kuning ditengahnya. Mekarnya bunga ini memberikan kesegaran tersendiri ditengah-tengah musim dingin yang menyakitkan badan. Bahkan orang Cina menjadikan bunga ini sebagai simbol keberuntungan di awal tahun. Memang benar karena di awal inilah ditemukan banyak mekarnya bunga ini. Bunga ini akan mekar sampai akhir April.

Namun dalam sejarahnya, sampai abad ke 14 gambar bunga ini dilarang penggunaannya untuk kegiatan keagamaan. Selanjutnya, bunga ini banyak digunakan sebagai inspirasi dekorasi kotak sutra, panel pada kuil, piring dan cawan.

Bunga ini juga merupakan bunga favorit bagi Shogun Takugawa dan anaknya Tokugawa Hidetada. Mereka mengoleksi banyak jenis di taman Edo. Banyak elit samurai yang kemudian mengikutinya.

Bagi saya, sebagai orang asing yang sedang kuliah di Tsukuba saya menikmati setiap musim. Termasuk juga mekarnya bunga ini. Terkadang saya dengan sengaja naik sepeda santai sambil melihat sekeliling ada obyek apa yang menarik. Kemudian berhenti sebentar untuk menikmati dan jika bagus saya akan mengeluarkan kamera untuk memotretnya. Kalau cahaya sedang kurang bagus maka saya akan kembali lagi ketempat yang sama, untuk menikmati atau memotretnya lagi.

DEB_2627

Semoga bunga ini memberikan kesegaran dan inspirasi bagi kita untuk terus bersyukur atas apa yang Allah ciptakan. Indahnya ciptaan ini bisa dirasa, bisa dinikmati, tentu kita bisa bayangkan betapa Maha Indahnya Allah SWT sebagai sang pencipta.

Tsukuba, 11 Januari 2018
Supriyanto
debasupriyanto@apps.ipb.ac.id