Kampus IPB Dramaga, kampus asri

Kalau di artikel sebelumnya saya menyoroti mengenai infrastruktur transportasi menuju kampus Dramaga yang masih tertinggal [Transportasi Kampus, Sebuah Harapan], kali ini saya akan mencoba melihat sisi menariknya kampus IPB Dramaga. Ada apa saja dan kenapa itu begitu menarik?

Pertama, saat anda mulai memasuki pintu gerbang kampus IPB maka anda akan langsung melihat gedung rektorat. Gedung rektorat ini bentuknya seperti piramida segitiga. Saya sendiri masih belum tahu kenapa bentuknya segitiga seperti ini. Gedung rektorat ini sekarang dinamakan Gedung Andi Hakim Nasution, untuk mengenang rektor IPB yang cukup terkenal. Prof. Andi Hakim Nasution adalah rektor IPB pada periode 1978-1987 selama dua periode dan merupakan penggagas berdirinya Fakultas MIPA di IPB. Lahir pada 30 Maret 1932 dan meninggal pada 04 Maret 2002 di Jakarta pada usia 69 tahun serta merupakan guru besar statistik dan Genetika kuantitatif Institut Pertanian Bogor (IPB).

3029290659940

Kalau anda ambil jalan kekiri, maka selanjutnya akan menemukan sebuah taman panjang yang pada sisi ujungnya adalah Gedung Graha Widya Wisuda. Gedung ini pernah terbakar bagian atapnya saat saya sedang berada di Tingkat Persiapan Bersama yaitu pada 26 Juni 2004 pada pukul 18.00. Waktu itu saya kebetulan juga lewat di gedung ini, hari itu siswa SMA Kornita sedang melakukan dekorasi dan penataan untuk wisuda keesokan harinya. Gedung dibelakang saya inilah gedung Graha Widya Wisuda yang saya maksud.

2193514966070

Antara gedung Rektorat dan Graha Widya Wisuda tampak pepohonan seperti ini. Penampakan iklan ini tidak setiap hari ada, hanya pada perayaan event-event khusus. Cobalah pagi-pagi pada saat cerah anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah.

1940784407964