Tempe dan kerupuk, makanan khas Indonesia

Mengenal Tempe

Sejak kapan sebenarnya tempe ini mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tempe sendiri adalah makanan yang dibuat dari fermentasi biji kedelai dengan kapang seperti Rhyzopus oligosporus. Kapang ini kemudian menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi sederhana dan mudah dicerna oleh manusia. Tempe sendiri mengandung serat, kalsium, vitamin B dan zat besi.

Tempa sendiri dikonsumsi oleh mayoritas masyrakat indonesia. Tapi tempe sendiri juga dapat ditemukan di berbagai negara, termasuk di Jepang tempat kami tinggal saat ini. Tempe sendiri dibuat melalui beberapa tahapan utama yaitu: perebusan kedelai, pengupasan, perendaman dan pengemasan, pencucian, pemberian ragi, pembungkusan dan fermentasi.

Yang menarik, tempe berasal asli dari Indonesia dan sudah berabad-abad yang lalu dikenal oleh masyarakat terutama orang Jawa khususnya Surakarta dan Yogyakarta. Olahan kedelai yang terbesar di Indonesia adalah tempe yaitu sekitar  50%. Sehingga, pemerintah Indonesia pada era presiden Joko Widodo memasukkan komoditas ini sebagai unggulan pangan yaitu padi, jagung dan kedelai.

Kerupuk

Kalau kita hidup di Indonesia maka tidaklah asing dengan kerupuk. Kerupuk ini dapat ditemukan dimana-mana dalam berbagai bentuk. Bahkan pedagang kaki limapun menjajakan kerupuk. Bahan utama kerupuk adalah tepung yang diadon dengan ikan, cabai, bawang dan MSG. Tentu rasa kerupuk akan berbeda antara satu produsen dengan yang lainnya. Selain itu juga terdapat beberapa jenis kerupuk yang secara tradisional turun temurun dibuat oleh masyarakat Indonesia

Menu Tempe dan Kerupuk 

Sudah tidak aneh bagi masyarakat Indonesia jika mereka makan dengan tempe dan kerupuk. Nafsu makannya akan meningkat jika dua menu ini ada. Tentu, kami di Jepangpun sangat kangen dengan kerupuk Indonesia. Walaupun harganya sedikit mahal, kami sempatkan untuk membeli kerupuk yang bisa di goreng sendiri atau kerupuk langsung jadi. Sesekali dikombinasikan dengan nasi goreng dan beberapa menu lainnya.

26230577_10215382772391190_1164064938661831213_n

Semoga makanan Indonesia selalu lestari dimanapun kita berada.

Salam,
Supriyanto
debasupriyanto@app.ipb.ac.id