Bonenkai, party akhir tahun Lab

Bōnenkai adalah perayaan pesta akhir tahun yang umum diadakan di Jepang. Kegiatan ini semacam syukuran kalau di Indonesia. Eits, tapi sebentar dulu jangan memandang adat ini tidak baik seperti kebanyakan orang di Indonesia yang alergi tahun baruan. Kegiatan ini isinya berupa ucapan terima kasih kepada kolega karena telah bekerja keras selama setahun penuh dalam satu tim. Kami sebagai student merupakan tim besar dari Sensei (pembimbing), bagaimana tidak kami bekerja paling tidak 5 hari dalam seminggu. Tidak seperti kebanyakan mahasiswa di Indonesia, hanya bertemu dosen saat bimbingan.

21272519_10215251546070614_9041124091666397057_n

Ucapan syukur tentu perlu kita sampaikan karena kita sudah melewati hari-hari selama setahun penuh (2017). Tentu banyak yang kurang baik dan belum mencapai target, namun tentu kita harus terus berusaha agar target itu segera bisa tercapai di bulan-bulan mendatang. Target mahasiswa PhD adalah menyelesaikan kuliahnya yang persyaratannya diantaranya adalah:

  1. Lolos publikasi internasional sebanyak minimal 2 artikel
  2. Mempersiapkan disertasi
  3. Menghadapi sidang akhir disertasi

Paling tidak itulah 3 resolusi besar saya di tahun 2018 ini. Semua bersyukur atas capaian tahun berjalan dan berharap tahun berikutnya lebih baik. Tentu harapan yang lumrah bahwa yang sudah dicapai kita hargai sebagai capaian hidup kita dan yang akan datang semoga capaian terbaik. Ini juga menandai bahwa saya sudah disini 16 bulan (40%), waktunya tinggal 60%. Menjadi renungan bahwa ternyata masih banyak yal yang perlu ditingkatkan dan perlu diperjuangkan lebih keras.

Ayoo semangat.