Membuat Mind Map dengan Xmind

Membuat mind map sangatĀ diperlukanĀ bagi peneliti, dosen dan mahasiswa saat mulai belajar atau menulis sebuah karya ilmiah. Mind map, sejatinya adalah perangkat yang digunakan untuk memberikan gambaran (peta) dari suatu permasalahan. Salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menggambarkan mind map dengan mudah adalah Xmind atau perangkat yang ada di google cloud juga ada. Kedua perangkat ini bisa anda gunakan, untuk Xmind ada versi gratis dan ada versi berbayar. Sementara di google cloud versinya gratis.

Gambar di bawah ini adalah contoh keluaran dari mind map. Kebetulan saya sedang penelitian pemanfaatan microalgae untuk Bioenergi. Pertama-tama saya susun dengan main topic Microalgae, kemudian beberapa sub topic diataranya:

  1. Penelitian terkait microalgae yang terdiri dari proyek dan tema yang bersinggungan. Kemudian dibahas mengenai perkembangan riset di berbagai negara.
  2. Fuel dari microalgae berupa Biodiesel, Bioetanol, biogasoline, methane, ethanol, diesel dan jet fuel.
  3. Budidaya microalgae dan informasi terkait budidaya
  4. Produksi microalgae dengan acetic acid dan tanpa penambahan acetic acid
  5. Species microalgae untuk bieonergy.
  6. Economic viability
  7. advantages dan disanvantages algae untuk Bioenergy.

Microalgae

Mind map ini tentu akan sangat memudahkan kita untuk tidak keluar dari topik bahasan yang kita kerjakan. Tentu semakin banyak pengetahuan terkait maka mind map yang kita buat semakin kompleks. Selamat membuat dan menggunakan mind map.

Tsukuba, 12 Desember 2017
Supriyanto
debasupriyanto@apps.ipb.ac.id