Tsukuba Center – Jepang

Sejak September 2016 saya mendapat tugas belajar di University of Tsukuba Jepang. Kehidupan saya kebanyakan dihabiskan di kampus dan sesekali keluar ke sekitar tsukuba. Kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai Tsukuba Center. Tsukuba center adalah pusat kota Tsukuba. Ciri khas dari pusat kota di Jepang adalah adanya terminal yang terintegrasi dengan moda transportasi baik antar kota maupun dari pusat kota ke daerah-daerah seputar kota tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya, misalkan saja kota Tsukuba tersedia bus ke kota terdekat seperti Tsuciura. Nah dari tsukuba center (terminal tsukuba) juga tersedia bus ke lokasi-lokasi lainnya. Yang menarik adalah, jadwal bus disini dijadwal berdasarkan jam. Saya ingat dulu waktu kecil di daerah Solo dan Yogyakarta juga demikian. Jadi sudah terpampang jadwal dan masyarakat yang ingin menaiki kendaraan dapat memilih jam berangkat yang diinginkan.

 

Untuk transportasi setidaknya Tsukuba terhubung dengan Kereta (Tsukuba Express) ke Tokyo, BUS, dan taxi. Maaf disini tidak ada ojeg he he … Gunakan uang pas atau kartu PASMO untuk naik kendaraan disini. Saya sarankan untuk pemula yang sulit mengenal angka uang belilah PASMO. Pasmo dapat dibuat kartunya di dalam stasiun kereta api yang berada di bawah terminal. Kalau dari luar tidak akan tampak ada stasiun, tapi ada 4 pintu yang terlihat dari permukaan menuju ke stasiun bawah tanah. Ini yang membuat kota Tsukuba tampak keren dari kota lainnya. Selain itu stasiun Tsukuba juga stasiun ujung (Suteng), sehingga kita bisa memilih tempat duduk sesuka hati kita saat menaiki kereta ataupun bus.

Selain itu, juga terdapat parkir sepeda. Terdapat parkir yang gratis untuk 3 jam pertama dan jika seharian anda membayar 200yen (sekitar 26.000 rupiah). Mahal ya? Kehidupan di Jepang memang serba mahal. Bahkan untuk urusan parkir sepeda. Tapi jangan takut, dengan sepeda kita bisa berhemat lebih banyak selain juga sehat.

Nah, di Tsukuba center karena merupakan pusat kota terdapat fasilitas perbelanjaan seperti AEON, Creo, Right on, dan toko-toko kecil lainnya. Anda dapat menjumpai jumble store dan apartemen di sisi sebelah selatan maupun barat dari Kota Tsukuba ini. Selain itu, hanya dengan berjalan kaki kita bisa ke Lala Garden, UNIQLO, 2nd street. Restoran juga tersedia diseputaran kota Tsukuba ini. Selain itu, di Kota Tsukuba juga terdapat hotel yang cukup terkenal yaitu Daiwa dan Okura Hotel. Tersedia juga hotel di seputaran kota tsukuba yang mudah dijangkau baik jalan kaki maupun meggunakan bus.