Peletakan batu pertama – musholla Al Ikhlas Lab Leuikopo, IPB

Keberadaan musholla atau tempat sholat bagi mahasiswa muslim merupakan hal yang penting dalam mendukung kegiatan harian di kampus. Jika dilihat dari sebaran musholla di kampus IPB saat ini, sudah mulai merata ada di berbagai lokasi. Nah, kali ini Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB) IPB menginisasi pendirian musholla yang diberi nama Al Ikhlas. Musholla ini berada di Laboratorium Lapangan Siswadhi Soepardjo (Leuikopo). Lab Lapangan ini merupakan lab yang mendukung kegiatan praktikum lapangan bagi mahasiswa.

2

Lab Lapangan ini sendiri terdiri dari beberapa fasilitas seperti sawah, kebun, rumah traktor, bengkel, laboratorium energi, laboratorium lingkungan pertanian, greenhouse, dan lab uji sprayer. Kesemua fasilitas ini digunakan untuk mendukung kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Musholla yang dibangun berdimensi sedang yang dapat menampung lebih kurang 30 jamaah. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan praktikum yang umumnya satu kelas paralalel terdiri dari 30 mahasiswa. Rencana biaya pembangunan musholla ini adalah sebesar Rp. 160 juta rupiah. Semoga rencana pembangunan musholla ini berjalan dengan lancar.

batu-pertama

Pada tanggal 31 Agustus 2016 dilaksanakan peletakan batu pertama oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Bambang Pramudya, dan Ketua Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Suasana sangat haru dan membahagiakan dihadiri oleh staff pengajar TMB baik muslim maunpun yang non muslim.