Mahasiswa TMB kembangkan Robot Penyemai

Lima mahasiswa Depertemen Teknik Mesin dan Biosistem : Muhammad Ridwan, Riski Sudarmaji, Ahmad Safrizal, Faras Aryo B, dan Arif Rahman Hakim yang dibimbing oleh Supriyanto, S.Tp, M.Kom mengembangkan inovasi yang diberi judul F-ROBRAY, Mesin Penyemai Otomatis Berbasis Paralel Robot Tipe Delta untuk Proses Penyemaian Benih pada Tray Semai. Inivasi ini didanai oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI) melalu program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidan penerapan Teknologi (T).

robot semai

Penyemaian sendiri merupakan kegiatan yang sangat penting dalam budidaya pertanian. Penyemaian menentukan kualitas bibit yang akan dipindahtanamkan ke lahan. Media penyemaian dapat berupa tray semai yang pada pelaksanaannya dibutuhkan ketelitian dan waktu yang cukup lama untuk meletakkan benih pada masing-masing lubang semai. Oleh karena itu, proses otomasi pada kegiatan penyemaian sangat diperlukan sehingga dapat dilakukan secara kontinu, hemat waktu dan hemat tenaga kerja.

Program ini bertujuan untuk merancang bangun sebuah mesin yang dapat memudahkan dan meningkatkan efisiensi proses penyemaian. Ide dasar penggunaan robot untuk mesin penyemai adalah karena robot dapat diadaptasikan pada lingkungan kerja yang berbeda, dalam hal ini tray semai dengan jumlah sel yang berbeda. Jenis robot yang akan digunakan dalam berjenis Delta robot.

Robot ini telah banyak diaplikasikan dalam bidang industri yang memerlukan kecepatan dan tingkat presisi tinggi seperti pada proses pemungutan dan peletakan (pick-and-place). F-ROBRAY bekerja dengan sebuah end-effector berupa mekanisme pengatur pengeluaran benih (metering device). Penjatahan benih dapat dilakukan lebih teliti dan dengan tingkat kecepatan yang baik.

Perancangan dan pembuatan mesin penyemai otomatis ini telah dilaksanakan. Dari pengujian yang dilakukan terhadap mesin, diketahui bahwa mesin memiliki keakuratan dalam menjangkau sel pada tray semai hingga 95% dan dapat mempercepat waktu penyemaian hingga 40% dibandingkan dengan penyemaian manual.