Mengenal Bioenergi

Bioenergy adalah energi terbarukan yang bersumber dari material biologis atau biomassa. Energi yang terkandung dalam biomassa adalah energi yang diperoleh dari energi matahari dirubah melalui proses fotosintesis. Berdasarkan jenis produk bioenergy terdiri dari Biopower, panas dan biofuels. Dari sisi penggunaan terdiri dari penggunaan untuk industri, konsumsi rumahan, transportasi dan konsumsi komersial. Gambar berikut menunjukkan produk bioenergi dan penggunaannya.

tes

Jenis Bio-Energi dan Penggunaannya

Biopower

Perkembangan pemanfaatan energi listrik membutuhkan konversi energi listrik dari bioenergy. Dalam konteks pemanfaatan bioenergi ini disebut dengan Biopower. Biopowere adalah electricity  yang dibangkitkan dari pembakaran (combustion) dari biomassa baik sendiri maupun kombinasi dengan batubara (coal), gas alam (natural gas), atau bahan lainnya.

Kebanyakan dari biopower diperoleh dari pembakaran langsung biomassa pada boiler untuk memproduksi steam bertekanan tinggi untuk menjalankan turbin yang terkoneksi dengan generator. Kendala teknis biopower diantaranya adalah :

  1. Kualitas feed stock
  2. Boiler chemistry
  3. Ash deposition
  4. Ash disposal

Panas

Pemanasasn dan pendinginan (thermal energy) dapat diturunkan dari steam atau sisa energi yang dihasilkan oleh biopower dan proses konversi biofuel menjadi energi. Kombinasi antara panas dan power juga disebut dengan co-generation, yaitu produksi listrik yang simultan dengan produksi panas dari satu sumber bahan bakar termasuk biomassa.

Biofuel

Biofuel terdiri dari bahan bakar dalam bentuk :

  1. Padat (solid)
  2. Cairan
  3. Gas

Cairan dan gas diproduksi dengan proses fermentasi, gasifikasi, pyrolysis dan torrefaction. Bioetanol dan biodiesel adalah bentuk umum dari biofuel. Biofuels diproduksi dari minyak, gula dan berbagai tanaman yang dapat menghasilkan bioethanol.

Bioenergy Reasearch Program

Beberapa riset yang dapat dikembangkan dalam pengembangan bioenergi diantaranya adalah :

  1. Memetakan potensi lokasi pengembangan budidaya tanaman yang dapat menjadi sumber bioenergy.
  2. Penelitian mengenai pengembangan pemanfaatan biomassa dan program demonstrasi (pembuatan demplot)
  3. Biomass crop assistance program

Potensi Bioenergi di Indonesia

Jika kita bicara potensi, maka Indonesia memiliki potensi yang besar dalam penyediaan bioenergi. Pengelolaan yang baik dengan memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan menjadi tantangan tersendiri. Kita perlu konsen dalam pengelolaan bioenergi ini agar kedepan bisa menjadi andalan. Riset-riset yang mendukung penyediaan dan pemanfaatan bioenergi juga perlu ditingkatkan.