Wawancara Beasiswa BUDI – LN

PENGUMUMAN-BUDI-LN-01-COPY-01

Tahun ini DIKTI mengeluarkan skema Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) – Luar Negeri. Wawancara telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Nah, pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk mengikuti proses seleksi. Berikut adalah urutan pengusulan beasiswa tersebut :

  1. Kita menghubungi calon pembimbing (profesor) universitas tujuan.
    Kontak-kotak yang kita lakukan tentu bertujuan untuk menajamkan minat kita dengan minat riset dari calon pembimbing kita. Terlebih untuk program S3 (umumnya by reasearch), membutuhkan kesamaan visi dan minat penelitian agar kuliah dapat berjalan dengan lancar nantinya. Proses nya sendiripun bermacam-macam : ada yang mengontak profesor melalui kehadiran dalam event seminar internasional, bisa juga dari mantan pembimbing kita di Indonesia, ada juga langsung kontak saja by email. Daftar profesor dan minat penelitiannya sangat mudah ditemukan di internet saat ini.
  2. Mendaftar Universitas Tujuan
    Nah ini mengikuti proses yang berlaku di universitas tujuan. Saat ini umumnya universitas hanya memberikan LOA kepada mahasiswa yang telah mengikuti tahapan ini.
  3. Mendaftar Beasiswa
    Mendaftar beasiswa ada banyak jenisnya, silahkan anda membuka informasi yang ada di internet. Tahun 2016 DIKTI mengeluarkan skema BUDI – LN dan BUDI – DN. Jadi bagi anda yang berprofesi sebagai dosen ber NIDN dapat mengajukan skema ini. Tentu kompetisinya juga cukup ketat, kuncinya adalah mempersiapkan dokumen dengan baik dan berdoa semoga dapat pertolongan Allah. Toh pada akhirnya akan ada peluang sukses atau gagal, tapi kegagalan akan semakin cepat kalau kita gagal mencoba.