Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) – LPDP 2016

Tahun 2016, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi meluncurkan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI). BUDI merupakan sinergi antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Dosen di Indonesia. Sinergi ini menunjukan bahwa pemerintah memiliki komitmen yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesi.

Saya perhatikan mulai tahun ini DIKTI untuk beasiswa merger dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Artinya slot LPDP yang khusus untuk dosen ditetapkan dan diseleksi melalui DIKTI. Jenis beasiswa yang tersedia diantaranya adalah :

(1) Beasiswa Magister Dalam Negeri
(2) Beasiswa Doktor Dalam Negeri
(3) Beasiswa Doktor Luar Negeri

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia – Dalam Negeri (BUDI) tahun 2016 dibuka bagi Dosen Tetap (PTN dan PTS) dilingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Berikut beberapa persyaratan bagi Pelamar BUDI

  1. Dosen pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Ristek dan Dikti yang telah mempunyai NIDN atau NIDK.
  2. Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009.
  3. Beasiswa tidak diberikan kepada pelamar untuk mendapatkan gelar kedua pada strata yang sama
  4. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memulai perkuliahan pada semester gasal (perkuliahan dimulai pada bulan September).
  5. Batas usia penerima beasiswa dalam negei untuk Dosen adalah 45 tahun untuk S2 dan 50 tahun untuk S3 terhitung per tanggal 31 Desember tahun berjalan.

Untuk beasiswa Luar negeri, tips untuk mengikuti program ini hampir sama dengan LPDP. Siapkan :

  1. Letter Of Aceptance dari kampus, bukan dari supervisor. Anda bisa menanyakan ke calon supervisor anda bagaimana cara mendapatkan LOA dari kampus.
  2. Skor TOEFL, saya kira ini umum… tapi kalau belum sampai 550 tidak ada salahnya anda coba kejar dapat point no 1, siapa tau tim pewawancara akan menolong anda. he he ….
  3. Surat izin dari pimpinan
  4. Ijazah S1 dan S2
  5. Mendaftar secara online.

Semoga sukses para member untuk meningkatkan kapasistas diri. Mari saling mendukung dan mendoakan. sering-sering nengokin web : http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/. Berikut adalah rangkuman tahapan seleksi BUDI – LN dan BUDI DN. Silahkan mencoba untuk mendapatkan yang terbaik. Masa depan anda ada di tangan anda, mari berusaha.

Alur-pendaftaran-BUDI-dalam-negeri Alur-pendaftaran-BUDI-luar-negeri